KLIK Here Back to Home Menu Close

Mari Wujudkan Rumah Peduli di RSUP Bali

Mohon doa dan restu untuk segera dapat mewujudkan Rumah Peduli Cabang RSUP Sanglah Denpasar Bali.

Tim survey telah diturunkan ke RSUP Sanglah yang merupakan Rumah Sakit Tipe A yang dijadikan rujukan bagi para pasien daerah timur Indonesia, seperti flores dan NTT. Beberapa pasien yang dirujuk ke RSUP Sanglah, waktu tempuhnya dari kampung halaman mereka ke rumah sakit Sanglah berkisar sekitar 3 s.d 8 jam. Bahkan ada yg ditempuh 1 hingga 2 hari untuk tiba dirumah sakit. Dengan kondisi demikian banyak pasien serta keluarganya yang memilih beristirahat di selasar rumah sakit untuk menunggu jadwal kontrol berikutnya daripada harus pulang pergi, hal tersebut dilakukan untuk menghemat biaya.

Selasar atau tempat-tempat lainnya yang berada di rumah sakit tentunya kuranglah layak untuk dijadikan sebagai tempat tinggal sementara terlebih lagi saat hujan turun, bahkan bukan saja pasiennya yang sakit pendampingnya jg akan ikut sakit. Namun tidak ada pilihan lagi daripada harus pulang pergi untuk menunggu jadwal kontrol berikutnya.

Sewa kos atau kontrak tempat selama pasien menjalani observasi atau menunggu jadwal kontrol berikutnya baik sebelum maupun pasca operasi di rumah sakit, merupakan pilihan yang baik namun bagi pasien kurang mampu ini adalah suatu beban tersendiri. Mereka lebih memilih biaya hidup untuk bisa makan sehari hari daripada untuk biaya kos, sehingga selasar dan sudut rumah sakit menjadi pilihan bagi tempat mereka tinggal.

Tahapan selanjutnya yang akan dilakukan oleh relawan dan pengurus adalah dengan melakukan pencarian rumah yang akan disewa/dikontrak untuk dijadikan sebagai Rumah Singgah Pasien untuk pasien anak/balita serta pasien dewasa/orangtua dengan diagnosa kanker maupun non kanker yang lokasinya tidak jauh dari RSUP Sanglah. Semoga upaya relawan dan pengurus dapat segera mewujudkan harapan masyarakat yang membutuhkan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh orang banyak.

Sampaikan pesan Anda: